Analisis Dampak Dan Resiko Hukum Terhadap Praktik Pinjaman Online Di Masa Pandemi

Aplikasi pinjaman online yang terdapat di Google PlayStore sudah puluhan hingga ratusan jumlahnya. Sebagai generasi milenial yang melek teknologi, Kamu harus pintar-pintar memilah dan rajin mencari informasi terkait pinjaman dana tunai berbasis aplikasi android. Jangan sampai, tergiur dengan iming-iming aplikasi bodong yang ilegal. Sedangkan di perusahaan pinjaman online ilegal, jika kamu telat membayar atau tidak bisa melunasi tagihan, maka kamu akan mendapatkan masalah. Hal tersebut terjadi karena masa penagihan tidak memiliki batas waktu.

Ini sangat mengganggu rencana mereka untuk mengajukan kredit, seperti KPR atau kredit usaha. Penyalahgunaan data oleh perusahaan pinjol atau Peer-to-Peer Lending semakin marak belakangan ini, kata Doddy Darumadi, pengacara dari KHNA yang mendampingi Arief. Perusahaan tersebut tidak terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan alias ilegal, dan di laman aplikasinya di Play Store, yang sekarang sudah dihapus, Arief menemukan banyak orang yang mengeluh karena mengalami hal sama. Menurut cekaja.com, biasanya biaya pinjaman berkisar antara 0,05 persen sampai dengan 0,8 persen per hari, dengan maksimum pengembalian 100 persen, dari pinjaman pokok. Fintech investasi saham dan reksa dana Ajaib menjadi unicorn ke-7 di Indonesia setelah menggalang dana Seri B senilai US$ 153 juta. Pinjaman online berbeda dengan KTA ataupun pinjaman konvensional lainnya.

Selain itu, produk keuangan ini juga berguna untuk modal meremajakan aset yang telah usang atau sudah tua. Dengan aset yang lebih banyak dan terjaga kualitasnya, dibarengi dengan penjualan yang sedang berapi-api, sudah pasti keuntungan bisnis akan berlipat ganda. Manfaat pinjaman online bagi pengusaha memang tidak perlu diragukan lagi. Produk pinjaman ini dapat menjadi roda pelengkap yang mampu membuat perputaran kas bisnis menjadi lebih mulus dan menguntungkan. Dalam situasi pandemi ini industri BPR banyak mengalami kesulitan berkaitan dengan kredit yang gagal bayar. Dengan hadirnya pemerintah yang memberikan perlindungan melalui amar putusan MK ini, BPR mempunyai fasilitas yang bisa digunakan untuk menyelamatkan aset BPR secara legal dan/atau dilindungi oleh negara.

Sehingga Sobat Pintar akan lebih mudah melakukan pembayaran tagihan hutang tanpa perasaan was-was dikejar-kejar cicilan. Bukan rahasia umum lagi, setiap melakukan pinjaman uang tunai di lembaga keuangan manapun, Sobat Pintar akan dikenakan bunga. Ketika tidak membayar pinjaman, maka Sobat Pintar juga harus membayar denda keterlambatan di samping bunga pinjaman.

Aplikasi yang satu ini sudah cukup punya nama karena promosinya yang sangat masif di media sosial. Kredivo menawarkan fasilitas cicilan belanja tanpa kartu kredit dan pinjaman dana tunai. Untuk menjawab permintaan pasar ini, bank akhirnya menawarkan fitur pinjaman tanpa jaminan alias kredit tanpa agunan .